Minggu, Mei 19, 2024

Hukum Menghilangkan Rambut Ketiak Dan Tata Caranya

Disunnahkan bagi seorang muslim untuk menghilangkan rambut ketiaknya. Hal ini merupakan pendapat madzhab yang empat, dan disebutkan bahwa ini merupakan ijma’ para ulama’.

Berkata Ibnu Abdil Barr Rahimahullah:

قال ابن عبدِ البَرِّ: (لا خِلافَ بين العُلَماءِ في قصِّ الأظفارِ، ونتْفِ الإبْطِ، وحَلقِه لِمَن صعُب عليه النَّتْفُ، ولا في الاختتانِ- أنَّ كلَّ ذلك عندهم سُنَّةٌ مسنونةٌ مُجتمَع عليها، مندوبٌ إليها، إلَّا الختان؛ فإنَّ بعضَهم جعله فرضًا). ((الاستذكار)) (8/336)،

“Tidak ada khilaf antar para ulama’ tentang (sunnahnya) memotong kuku, mencabut rambut ketiak, dan mencukurnya ,bagi yang kesulitan untuk mencabutnya, tidak terkecuali berkhitan, hal itu semua merupakan perbuatan nabi yang bernilai Sunnah secara ijma’ dan dianjurkan kecuali khitan, maka sebagian ulama’ memandangnya sebagai suatu perbuatan wajib”. (Al Istidzkar 8/336)

Mereka berdalilkan, di antaranya:

عن أبي هُرَيرةَ رَضِيَ اللهُ عنه عن النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم أنَّه قال: ((الفِطرةُ خَمسٌ: الخِتانُ، والاستحدادُ، وقصُّ الشَّارب، وتقليمُ الأظفارِ، ونتفُ الآباطِ ((رواه البخاري (5891)، ومسلم (257).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallaaahu ‘Alaihi Wa Sallam:, (sunnah-sunnah) fitrah itu ada lima, yaitu; berkhitan, mencukur rambut kemaluan, mencukur kumis, memotong kuku dan mencabut bulu ketiak.” (Bukhari 5891) dan (Muslim 257).

عن عائشةَ رَضِيَ اللهُ عنها قالت: قال رسولُ الله صلَّى اللهُ عليه وسلَّم: ((عشرٌ من الفِطرة: قصُّ الشَّارب، وإعفاءُ اللِّحيةِ، والسِّواكُ، واستنشاقُ الماءِ، وقصُّ الأظفارِ، وغَسلُ البَراجِمِ، ونتفُ الإبْط، وحَلْقُ العانةِ، وانتقاصُ الماءِ (( قال زكريا: قال مصعب: ونسيتُ العاشرةَ، إلَّا أن تكون المضمضةَ  (8) . رواه مسلم (261).

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Ada sepuluh perkara dari fitrah; mencukur kumis, memanjangkan jenggot, bersiwak, beristinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung), memotong kuku, mencuci ruas jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan dan beristinja’ dengan air.” [Zakariya] berkata, [Mush’ab] berkata, “Dan aku lupa yang kesepuluh, kecuali ia adalah berkumur-kumur.” ( HR. Muslim: 261)

Disunnahkan menghiangkan rambut ketiak dengan cara dicabut, dan cara inilah yang lebih utama berdasarkan kesepakatan madzhab yang empat.

Berkata Ibnu Daqiq Al ‘Id Rahimahullah:

أن النبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم فرَّقَ بين إزالةِ شَعرِ العانةِ وإزالةِ شَعرِ الإبْط، فذَكَرَ في الأوَّلِ الحَلقَ، وفي الثَّاني النَّتفَ؛ وذلك ممَّا يدلُّ على رعايةِ هاتينِ الهَيئتينِ في محلِّهما. ))إحكام الأحكام)) لابن دقيق العيد (ص: 62، 63).

“Sesungguhnya nabi Shallaallahu ‘alaihi wa sallam membedakan antara menghilangkan rambut kemaluan dan rambut ketiak, berkenaan dengan yang pertama beliau menggunakan kata al halq (mencukur) dan yang kedua beliau menggunakan kata an natf (mencabut), hal tersebut menunjukkan perkara yang harus diperhatikan pada masing-masing tempatnya”. (Ihkam Al Ahkam, Ibnu Daqiq Al ‘Id, Hlm. 62-63)

###

Ustadz Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I

( Mudir Ma’had Aly Makkah Boyolali )

Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I
Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I
Ustadz Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I, Beliau adalah Mudir Ma'had 'Aly Makkah Boyolali. Beliau termasuk alumni Ma’had ‘Aly Imam Syafi’i (MAIS) Cilacap dan Alumni S-2, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Saat ini beliau sedang menyelesaikan S-3 di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

800FansSuka
927PengikutMengikuti
10PengikutMengikuti
500PelangganBerlangganan

Latest Articles