Sabtu, Mei 18, 2024

Hukum Berkhitan

Allah Ta’ala berfirman:

قول الله تعالى: ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ [النحل: 123].

Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang berbuat kesyirikan”.(Surat-An-Nahl-Ayat-123)

Disebutkan dalam Tuhfah Al Maudud:

أنَّ من شريعةِ إبراهيمَ عليه السَّلامُ، وملَّتِه التي أُمِرْنا باتِّباعِها؛ الخِتانَ ((تحفة المودود)) لابن القيم (ص: 163).

Sesungguhnya diantara syariat Ibrahim ‘alaihis salam dan ajarannya yang kita diperintahkan untuk mengikutinya adalah ber-khitan”. (Tuhfah Al Maudud, Ibnu Al Qoyyim: 163)

عن أبي هُرَيرةَ رَضِيَ اللهُ عنه قال: قال رسولُ الله صلَّى اللهُ عليه وسلَّم: ((اختَتَن إبراهيمُ النبيُّ عليه السَّلام وهو ابن ثمانين سَنَةً بالقَدُّومِ((رواه البخاري (3356)، ومسلم (2370)، واللفظ له.

Dari Abu Hurairah Radhiyaallahu ‘anhu, Rasulullah Shallaallahu ‘alaihi wa sallam. bersabda: “Ibrahim berkhitan kala berusia delapan puluh tahun di suatu tempat bernama Quddum.” (H.R. al-Bukhari 3356 dan muslim 2370).

Disebutkan dalam Al Majmu’:

 أنَّنا أُمِرنا باتِّباعِ إبراهيمَ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم، ومِن شريعَتِه الختانُ  ((المجموع)) للنووي (1/297).

sungguhnya kita diperintahkan untuk mengikuti Ibrahim ‘alaihis salam, dan diantara syariatnya ber-khitan”. (Al Majmu’: An Nawawi 1/297)

Berkhitan hukumnya wajib bagi laki-laki. Ini merupakan madzhab Asy Syafi’iyyah (Al Majmu’, An Nawawi 1/297,300), (Mughni Al Muhtaj, Asy Syirbini 4/202), Dan Hanabilah (Kasysyaf Al Qana’, Al Buhuti 1/80), (Asy Syarh Al Kabir, Ibnu Qudamah 1/109) .  Ini pendapat yang dipilih oleh Ibnu Taimiyyah Rahimahullah. Beliau berkata:

قال ابنُ تيمية: (يجبُ الختانُ إذا وَجَبت الطهارةُ والصَّلاة، ويَنبغي إذا راهَقَ البلوغَ أن يَختِتن، كما كانت العرب تفعل؛ لئلَّا يبلُغَ إلَّا وهو مختونٌ) ((الفتاوى الكبرى)) (5/302).

“Wajib berkhitan apabila sudah (mencapai usia) wajib bersuci dan shalat, dan menjadi keharusan apabila telah mencapai usia mendekati baligh untuk berkhitan, sebagaimana dahulu orang Arab melakukannya, supaya dia mencapai usia baligh dalam keadaan sudah berkhitan”. (Al Fatawa Al Kubra: 5/302)

Berkata Ibnu ‘Utsaimin Rahimahullah:

قال ابن عثيمين: (أقرَبُ الأقوال: أنَّه واجِبٌ في حَقِّ الرِّجال، سُنَّةٌ في حَقِّ النِّساء). ((الشرح الممتع)) (1/164).

Pendapat yang lebih mendekati kebenaran, bahwa sesungguhnya (khitan itu) wajib bagi laki-laki, dan Sunnah bagi wanita”. (Asy Syarh Al Mumti’ 1/164)

Berkata Ibnu Qudamah Rahimahullah:

قال ابن قدامة: (فأمَّا الخِتان، فواجبٌ على الرِّجال، ومَكرُمةٌ في حقِّ النِّساء، وليس بواجب عليهنَّ؛ هذا قولُ كثيرٍ من أهلِ العِلمِ) ((المغني)) (1/64).

Maka adapun khitan, maka itu merupakan hal yang wajib atas laki-laki, dan hal yang mulia bagi wanita namun bukan wajib atas mereka. Ini merupakan pendapat mayoritas ulama’. (Al Mughni 1/64)

***

Ustadz Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I

( Mudir Ma’had Aly Makkah Boyolali )

Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I
Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I
Ustadz Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I, Beliau adalah Mudir Ma'had 'Aly Makkah Boyolali. Beliau termasuk alumni Ma’had ‘Aly Imam Syafi’i (MAIS) Cilacap dan Alumni S-2, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Saat ini beliau sedang menyelesaikan S-3 di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

800FansSuka
927PengikutMengikuti
10PengikutMengikuti
500PelangganBerlangganan

Latest Articles