Tidak berpuasa bagi musafir hukumnya boleh, halini berdasarkan kesepakatan para ulama’madzhab yang empat dari kalangan hanafiyyah (Al Bahru Ar Ra’iq, Ibnu Najim: 2/304) dan (Tabyin Al Haqaiq, Az Zila’i: 1/333) dan malikiyyah (Hasyiyah Al ‘Adawi ‘Ala Kifayah Ath Thalib, Ar-Rabbani: 1/453) dan (Ats Tsamr Ad Dani, Abu Al Azhari: 305) dan asy syafi’iyyah (Al Majmu’, An-Nawawi: 6/260-261) dan (Raudhah Ath Thalibin, An-Nawawi: 2/370), hanabilah (Al-Inshaf, Al –Mardawi: 3/203) dan (Kasysyaf Al Qana’, Al-Buhuti: 2/311)
Allah Ta’ala berfirman:
قوله تعالى: فَمَن كَانَ مِنكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ )البقرة: 184(
“Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain”. (Al-Baqarah: 184)
Dalam hadits disebutkan:
عن أنسِ بنِ مالكٍ الكعبيِّ رَضِيَ اللهُ عنه قال)) : أتيتُ رَسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم في إبلٍ كانت لي أُخِذَتْ، فوافَقْتُه وهو يأكُلُ، فدعاني إلى طعامِه، فقُلتُ: إنِّي صائِمٌ، فقال: اُدْنُ أُخبِرْك عن ذلك، إنَّ اللهَ وضَعَ عَن المُسافرِ الصَّومَ، وشَطْرَ الصَّلاةِ)(( رواه الترمذي (715)، والنسائي (4/180)، وابن ماجه (1667)، وأحمد (4/347) (19069)، حسنه الترمذي،
Dari Anas bin Malik al-ka’bi radhiyaallahu ‘anhu, ia berkata; “Aku datang kepada Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wasallam karena untaku yang ditahan. Lalu aku mendapati beliau sedang makan dan beliau menawariku makan, aku menjawab: “aku sedang berpuasa”, beliau bersabda: “mendekatlah! Aku kabarkan padamu tentang hal itu, Allah telah membebaskan puasa dan setengah shalat dari orang yang bepergian.” (At-Tirmidzi: 715 Dan An-Nasa’i: 4/180 Dan Ibnu Majah: 1667 Dan Ahmad: 4/347/19069, Dihasankan Oleh at-Tirmidzi)
Berkata Ibnu Qudamah Rahimahullah:
قال ابنُ قدامة: (للمُسافِرِ أن يُفطِرَ في رمضانَ وغَيرِه, بدَلالةِ الكتابِ والسنَّةِ والإجماعِ) ((المغني)) (3/ 116). وقال النووي: (فالمرَضُ والسَّفَرُ مُبيحانِ بالنَّصِّ والإجماعِ) ((روضة الطالبين)) (2/369(
“Boleh bagi musafir untuk tidak berpuasa pada bulan Ramadhan dan selain Ramadhanberdasarkan dalil al-kitab (al-quran) dan as-sunah dan ijma’. (Raudhah Ath-Thalibin: 2/369)
Dan berkata Ibnu Abdil Barr Rahimahullah:
وقال ابنُ عبد البر: (وأجمع الفُقَهاءُ أنَّ المسافِرَ بالخيارِ؛ إن شاء صام، وإن شاء أفطَرَ) ((التمهيد)) (9/67). “
Dan telah ber-ijma’ para ahi fiqh bahwa sesungguhnya bagi musafir memilih, jika menghendaki dia boleh bepuasa dan boleh tidak berpuasa” (At-Tamhid: 9/67)
***
Ustadz Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I
( Mudir Ma’had Aly Makkah Boyolali )