Medic shows in the hands of the brain on blurred background.

Oleh : Livio Aleni

Khutbah Pertama

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْه ُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

 قال الله تعالى في القرآن الكريم : يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

وقال أيضا : يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

وقال أيضا : يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا

فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ ﷺ وَشَرَّ الْأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُها، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ . أَمَّا بَعْدُ

Kaum muslimin, sidang jum’at Rahimakumullah

Marilah kita senantiasa menghadirkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam setiap keadaan, baik dalam keadaan bahagia maupun tidak bahagia. Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menjamin bahwa orang yang bertakwa tidak akan sesat dan sengsara.

Kaum muslimin, sidang jum’at rahimakumullah

            Akal adalah nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang agung pengaruhnya setelah nikmat iman. Allah menyebutkan tentang akal didalam al-Qur’an sebanyak 49 kali, Terulangnya kata akal dalam al-Qur’an dan jumlah yang sedemikian banyak mengisyaratkan pentingnya peranan akal. Kedudukan akal diperkuat oleh ketetapan Allah tentang pembatasan wewenang mengelola dan membelanjakan harta seseorang bagi yang belum sempurna akalnya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَلَا تُؤْتُوا۟ ٱلسُّفَهَآءَ أَمْوَٰلَكُمُ ٱلَّتِى جَعَلَ ٱللَّهُ لَكُمْ قِيَٰمًا وَٱرْزُقُوهُمْ فِيهَا وَٱكْسُوهُمْ وَقُولُوا۟ لَهُمْ قَوْلًا مَّعْرُوفًا

Dan janganlah kamu sereahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik“. (QS. An-Nisa ayat: 5)

            Akal tanpa agama adalah kesesatan dan beragama tanpa akal adalah tangga menuju pemahaman yang salah dan perilaku yang buruk, seringkali itu mencoreng wajah islam yang murni.

            Hasan Al-Bashri Rahimahullah bila diberitahukan kepada beliau tentang seseorang yang shalih, maka beliau akan bertanya “bagaimanakah akalnya? Karena agama seorang hamba tidak akan sempurna sama sekali hingga akalnya pun sempurna” Apa yang diucapkan Hasan Al-Bashri Rahimahullah bisa kita kembalikan pada firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

وَيَجْعَلُ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِيْنَ لَا يَعْقِلُوْنَ

Dan Allah menimpakan azab kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya“. (QS. Yunus:100)

Kaum muslimin, sidang jum’at Rahimakumullah

            Akal merupakan anugerah Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang diberikan kepada manusia yang mendorong pada lahirnya budi pekerti yang luhur atau malah menghalangi seseorang melakukan kebaikan. Seseorang yang mempunyai akal sehat tentu akan bisa mengambil ibrah atau pelajaran dan juga pesan dari al-Qur’an maupun dari sekitar mereka. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا ۖ فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَٰكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ

Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada“. (QS. Al-Hajj:46)

Juga dalam firman-Nya:

إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَذِكْرَىٰ لِمَنْ كَانَ لَهُ قَلْبٌ أَوْ أَلْقَى السَّمْعَ وَهُوَ شَهِيدٌ

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai akal atau yang menggunakan pendengarannya, sedang dia menyaksikannya“. (QS. Qaf:37)

            Sebagian mufasir memaknai hati dalam ayat ini adalah akal. Kita dapat mengambil ibrah ataupun pelajaran serta pesan dari kedua ayat tadi, bahwasannya kita perlu menggunakan akal kita dalam setiap keadaan agar kita selamat di dunia hingga di akhirat kelak.

Kaum muslimin, sidang jum’at Rahimakumullah

            Akal yang dipuji dalam al-Qur’an adalah akal yang memahami Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasul-Nya, serta akal yang menunjukkan juga mana hal-hal yang benar dan mana yang salah. Inilah tipe dan corak akal seorang mukmin. Sedangkan orang kafir mereka tidak memahami hakikat akal. Barulah di akhirat nanti mereka akan sadar, namun kesadaran mereka tiada guna dan mereka pun akan menyesal sebagaimana firman Allah Ta’ala:

وَقَالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Dan mereka berkata: “Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala”. (QS. al-Mulk:10)

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ . أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ 

Khutbah Kedua


الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ, أَمَّا بَعْدُ

Kaum muslimin, sidang jum’at Rahimakumullah

Akal adalah raja pada tubuh manusia, sedangkan anggota badan, panca indera dan gerakan-gerakannya, semua adalah masyarakat. Ketika akal itu lemah, tidak mampu menegakkan dan menjaga rakyatnya, maka akan sampai berbagai macam keburukan kepada rakyatnya tersebut.

Ada juga suatu ungkapan arab yang mengatakan :

مَنْ لَمْ يَكُنْ عَقْلُهُ أغْلَبَ خِصَالِ الْخَيْرِ عَلَيْهِ، كَانَ حَتْفُهُ فِي أغْلَبِ خِصَالِ الشَّرِّ عَلَيْهِ

“Barangsiapa yang tidak menjadikan akalnya sebagai sifat kebaikan yang dominan pada dirinya, maka orang seperti ini kecelakaannya adalah pada sifat keburukan yang dominan pada dirinya“.

Marilah kita memohon kepada Allah agar diberikan akal yang  selalu bertafakkur dan bertadabbur sehingga dengan akal itu bisa menyelamatkan kita dari siksa api neraka.

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْإِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ عِبَادَ اللهِ إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ أَقِيْمِ الصَّلَاةَ

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini