Sabtu, Mei 18, 2024

Status Kencing Bayi Laki-Laki Dan Anak Kecil Perempuan

Image by. pixabay.com

Kencing bayi laki-laki maupun perempuan baik sudah bisa makan atau belum, keduanya najis. Hal ini berdasarkan kesepakatan empat madzhab dari kalangan Hanafiyyah (Al Banayah Syarh Al Hidayah, Al ‘Aini 1/728) dan (Ad Durr Al Mukhtar dan Hasyiyah Ibnu ‘Abidin : 1/318), pendapat yang masyhur dariMadzhabMaliki (Manhu Al Jalil : ‘Alaisy 1/54) dan (Syarh Mukhtashar Khalil, Al Kharrasyi: 1/94) Syafi’iyyah (Al Majmu’, An Nawawi : 2/548) dan (Al Hawi Al Kabir, Mawardi : 2/248), Hanabilah (Al Inshaf, Al Mardawi : 1/232) dan (Kasyful Qana’, Al Buhuti : 1/189).

Berdasarkan dalil:

عن أمِّ قيسٍ بنتِ مِحصَن ((أنَّها أتَت بابنٍ لها صغيرٍ، لم يأكلِ الطَّعامَ، إلى رسولِ الله صلَّى اللهُ عليه وسلَّم، فأجْلَسه رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم في حَجرِه، فبال على ثَوبِه، فدعَا بماءٍ فنَضَحه ولم يَغسِلْه   ))  (رواه البخاري (223) واللفظ له، ومسلم (287)

dari Ummu Qais binti Mihshan, bahwa dia datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan membawa anaknya yang masih kecil dan belum makan makanan. Rasulullah lalu mendudukkan anak kecil itu dalam pangkuannya, ternyata bayi tersebut kencing dan mengenai pakaian beliau. Beliau kemudian minta diambilkan air lalu memercikkannya dan tidak mencucinya.” (Bukhari: 223 dan ini lafadznya) dan (Muslim:287)

عن أبي السَّمحِ رَضِيَ اللهُ عنه قال: كنتُ أخدُمُ النبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم، فكان إذا أراد أن يَغتسلَ قال: ولِّني قفاك، فأُولِيه قفاي، فأَسْتُرُه به، فأُتي بحَسَنٍ أو حُسَينٍ رَضِيَ اللهُ عنهما، فبال على صَدرِه، فجئتُ أغْسِلُه، فقال: يُغسَلُ مِن بَولِ الجارية، ويُرشُّ مِن بَولِ الغُلام ((رواه أبو داود (376) واللفظ له، والنَّسائي (224، 304 (والألبانيُّ في ((صحيح سنن أبي داود))  (376)

Dari Abu As Samh dia berkata; Saya pernah melayani Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, apabila beliau hendak mandi, beliau bersabda: “Belakangilah aku”. Maka saya pun membelakangi beliau, lalu saya menutupi beliau (sewaktu mandi) dengan cara membelakangi beliau itu. Setelah itu dibawalah Hasan dan Husain radliallahu ‘anhuma kepada beliau, lalu mereka kencing di atas dada beliau. Maka saya datang untuk mencucinya, namun beliau bersabda: “Kencing anak perempuan itu di cuci, sedangkan kencing anak laki-laki cukup diperciki”. (Abu Daud :376 dan ini lafadznya) dan (An Nasa’I :224, 304) dan dishahihkan oleh Al Albani dalam shahih sunan Abu Daud 376)

Berkata Al Mawardi Rahimahullah:

قال الماورديُّ: (أمَّا بَولُ الآدميِّين، فنجسٌ إجماعًا؛ صغيرًا كان أو كبيرًا، ذَكرًا كان أو أنثى). ((الحاوي الكبير)) (2/248).

“Adapun kencing manusia, maka hukumnya najis secara ijma’, baik bayi maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan”. (Al Hawi Al Kabir : 2/248)

Berkata An Nawawi Rahimahullah;

وقال النوويُّ: (اعلَمْ أنَّ هذا الخلافَ إنما هو في كيفيَّة تطهيرِ الشَّيءِ الذي بال عليه الصبيُّ، ولا خلافَ في نجاسَتِه، وقد نقَل بعضُ أصحابِنا إجماعَ العُلَماءِ على نجاسةِ بَولِ الصَّبي، وأنَّه لم يخالفْ فيه إلَّا داودُ الظاهريُّ؛ ((شرح النووي على مسلم)) (3/195).

Ketahuilah bahwa sesungguhnya munculnya khilaf hanyalah dalam perkara tata cara membersihkan sesuatu yang terkena air kencing bayi dan tidak ada khilaf mengenai status kenajisannya. Dan telah menukilnya para shahabat kami (dari kalangan syafi’iyyah) sebagai bentuk ijma’ para ulama mengenai najisnya air kencing bayi, dan tidak ada yang menyelisihinya kecuali Daud Adh Dhahiri”. (Syarh Shahih Muslim: 3/195)

Berkata Al ‘Iraqi Rahimahullah:

وقال العراقيُّ: (فيه نجاسةُ بولِ الآدميِّ، وهو إجماعٌ مِن العُلَماءِ، إلَّا ما حُكِيَ عن داودَ في بَولِ الصبيِّ الذي لم يَطعَمْ أنَّه ليس بنجسٍ؛ للحديث الصَّحيح (فنَضَحَه ولم يَغْسِلْه)، وهو مردودٌ بالإجماع؛). ((طرح التثريب)) (2/128

“di dalamnya ada perkara najisnya kencing manusia, hal ini merupakan ijma’ para ulama’. Kecuali pendapat dari Daud Adh Dhahiri tentang tidak najisnya kencing bayi yang belum makan, beliau berdalilkan dengan hadits shahih (maka beliau memercikinya dan tidak mencucinya) namun ini pendapat yang tertolak dengan ijma’”. (Tharhut Tatsrib: 2/128)

***

Ustadz Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I

( Mudir Ma’had Aly Makkah Boyolali )

Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I
Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I
Ustadz Achmad Wildan Suyuti, M.Pd.I, Beliau adalah Mudir Ma'had 'Aly Makkah Boyolali. Beliau termasuk alumni Ma’had ‘Aly Imam Syafi’i (MAIS) Cilacap dan Alumni S-2, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Saat ini beliau sedang menyelesaikan S-3 di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

800FansSuka
927PengikutMengikuti
10PengikutMengikuti
500PelangganBerlangganan

Latest Articles